Assalamu'alaikum!

Bagaimana kabarmu hari ini?

Terbarukan, setelah lama vakum....

dhanzsity.blogspot.com adalah blog yang bersifat nirlaba dan independen. Berusaha mempublikasikan objek-objek wisata dengan objektif. Nah, semoga membantu dalam segala kebaikan!!! Thank you!!!

Foto-foto di dalam blog ini sebagian besar adalah foto pribadi yang diambil menggunakan berbagai jenis kamera. Bagi yang menginginkan foto ini dan menggunakannya, harap mencantumkan sumbernya (blog ini). Terima kasih.

(c)2012 Ardhani Aji Saputra

Minggu, 18 April 2010

Lava Bantal, Sungai Muncar, LIPI Kebumen

Oooh, ini ternyata wujud asli lava bantal. Unik juga.
KKL II Jurusan Geografi 2008 UM mengajakku menelusuri museum-museum alam yang menakjubkan. Gambar ini merupakan salah satu sisi tempat kelolaan LIPI Kebumen.Sebuah artefak alam berupa gerojogan isi bumi yang berubah menjadi arsitektur alam yang unik.

Lava bantal merupaka material hasil muntahan letusan gunung berapi yang kemudian membeku dengan cepat. Pembekuan cepat tersebut dipicu oleh terendamnya material di dalam air sehingga menghasilkan bentukan streamline/oval/tumpul. Bisa dianalogikan seperti orang yang membuat cendol.

Mengapa bisa terangkat ke daratan? Nah, lagi-lagi ada dorongan dari tenaga endogen yang sangat kuat di masa lalu. Dan lagi-lagi--sepaket dengan lava bantal--ada kapur dan rijang di dekat lava bantal. Bentukan lain inilah yang akan menjelaskan lebih lanjut tentang keberadaan lava bantal dan tetangga-tetangganya. Tapi pada postingan selanjutnya, tentang serpentinit, gumuk pasir di Parangtritis, Merapi melalui Kaliurang, dan lain-lain. (dhanzsity)

3 komentar:

Lapak Warna Warni mengatakan...

hehehe.....kurang akeh lekmu entry,msk podo kyk sing k' jelasne ndk aq wingi.....

Ardhani Aji Saputra mengatakan...

Ya belum semuanya....

Anonim mengatakan...

riqbi kbwrb モンクレールダウンジャケットサイズ モンクレール サイズ ダウンジャケット 女性 ugryh kkhqhe Blogger: ardhaniajisaputra: the mass, the volume, and the dhanzsity - Poskan Komentar jsmlhcq bottes ugg laine bottes ugg http://www.ugg-bottes-ugg.com/ ynscxtr srouw bottes ugg sarenza bottes pas cher acheter des bottes ugg cwgwhxrb bottes ugg soldes ugg france bottes ugg contrefa�on qjmsjcuy